Menjelang Hari Tunas, Twibone Hiasi Medsos Anggota Pramuka Banjarnegara

Banjarnegara. 8/3. Menjelang Hari Tunas, Anggota Pramuka Kwartir Cabang Banjarnegara dari semua tingkatan membuat Twibon dan menjadikan status di medsos pribadi maupun lembaga.

Hari Tunas yang diperingati setiap tanggal 9 Maret merupakan sebuah rangkaian peristiwa meleburnya berbagai kepanduan yang ada di Indonesia menjadi Gerakan Pramuka sebagaimana yang ada pada saat sekarang. Tanggal tersebut ada peristiwa Pidato dari Presiden/Mandataris MPRS dihadapan para tokoh dan pimpinan yang mewakili organisasi kepanduan di Istana Negara. Untuk mengenang Peristiwa ini, kemudian disebut sebagai Hari Tunas Gerakan Pramuka.

Pada Pidato Presiden tanggal 9 Maret 1961 menggariskan agar pada peringatan Proklamasi Kemerdekaan RI, Gerakan Pramuka telah ada dan dikenal oleh masyarakat.

Kemudian pada tanggal 20 Mei 1961, Presiden menerbitkan Surat Keputusan Nomor 238 Tahun 1961,  tentang Gerakan Pramuka yang menetapkan Gerakan Pramuka sebagai satu-satunya organisasi kepanduan yang ditugaskan menyelenggarakan pendidikan kepanduan bagi anak-anak dan pemuda Indonesia. Dalam Keputusan Presiden tersebut juga disahkan Anggaran Dasar Gerakan Pramuka yang dijadikan sebagai pedoman, petunjuk dan pegangan bagi para pengelola Gerakan Pramuka dalam menjalankan tugasnya.

Paska keluarnya Kepres ini, maka pada tanggal 30 Juli 1961 di Gedung Olahraga Senayan diadakan ikar tentang sebuah pernyataan sikap dari para wakil organisasi kepanduan di Indonesia untuk meleburkan diri ke dalam organisasi Gerakan Pramuka.. Peristiwa pernyataan sikap ini kemudian disebut sebagai Hari Ikrar Gerakan Pramuka. (sbw)

Leave a Reply

Your email address will not be published.