Pusdiklat akan menata diri untuk samakan Visi Misi dan Program

Pusat Pendidikan dan Pelatihan Gerakan Pramuka disingkat dengan Pusdiklat merupakan Lembaga pendidikan dan pelatihan yang merupakan bagian integral dari kwartir sebagai wadah dan satuan pelaksana pendidikan dan pelatihan kepramukaan pada masing-masing tingkatan, baik di Kwartir Nasional, Daerah dan Cabang.
Pusdiklat Kwartir Cabang Banjarnegara sebagai pengembang dalam meningkatkan kapasitas anggota pramuka di tingkatan Kabupaten, khususnya bagi anggota dewasa perlu bersama-sama menata diri dan membulatkan tekad serta langkah yang nyata dalam mensukseskan visi isi program Kwartir Cabang Banjarnegara.

Menurut Kak Arif Najib Sustiono selaku Kepala Pusdiklat yang baru dilantik menyatakan bahwa kondisi, tantangan, dan peluang yang ada pusdiklat cabang Banjarnegara akan berbenah diri untuk kemajuan Kepramukaan, khususnya di Kabupaten Banjarnegara, umumnya di Indonesia, “Ada beberapa hal yang perlu bersama-sama kita lakukan untuk memajukan kepramukaan. Yang pertama memantapkan manajemen pusdiklat yg dilaksanakan dengan mengedepankan peran pengurus, Yang kedua bersinergi dengan pimpinan dan andalan kwartir cabang serta badan kelengkapan kwartir lainnya dalam mensukseskan program kwartir terutama bidang pendidikan dan pelatihan. Yang ketiga menjalin komunikasi dan kerjasama berbagai pihak terkait dalam rangka meningkatkan pendidikan kepramukaan di Banjarnegara. Yang ke empat Menata dan mendata, dan meningkatkan kapasitas pelatih pembina pramuka dalam peran dan tugasnya meningkatkan mutu pendidikan dan pelatihan di Gerakan Pramuka. Kemudian yang kelima, dengan meningkatkan sarana prasarana, penataan perpustakaan pusdiklat sebagai sumber referensi pendidikan kepramukaan,” ungkapnya dalam sebuah statemen paska pelantikan sebagai Pengurus Pusdiklat Kwartir Cabang Banjarnegara baru-baru ini (6/3).

Lebih lanjut Kak Najib menyampaikan, “Ikhlas bakti bina bangsa jangan hanya sekedar terucap keras, tetapi bukti diri perlu ada dalam sumbangsihnya terhadap kemajuan bangsa terutama dalam ikut serta meningkatkan pendidikan karakter generasi muda, ” katanya untuk menutup kalimatnya. (sbw).

Kak Arif Najib Sustiono (memegang pucuk Bendera) pada saat Pelantikan sebagai Kepala Pusdiklat Kwarcab Banjarnegara pada tanggal 6/3.

One thought on “Pusdiklat akan menata diri untuk samakan Visi Misi dan Program”

Leave a Reply

Your email address will not be published.