Bawaslu: Awasi Bersama Supaya Pemilu Berintegritas, Bermartabat dan Berkualitas

Narasumber Sosialisasi Pendidikan Politik Bagi Masyarakat (18/3)

Banjarnegara, 18/3. Sejumlah 40 anggota Pramuka Penegak dan Pandega di Kwartir Cabang Banjarnegara mengikuti Sosialisasi Pendidikan Politik bagi Masyarakat.  Kegiatan yang diselenggarakan bekerja sama dengan Badan Kesbangpol Kab. Banjarnegara ini dilaksanakan pada hari Kamis (18/3)  bertempat di Sanggar Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Banjarnegara.

Narasumber dalam kegiatan ini disampaikan oleh Wakil Bupati Banjarnegara, Ketua KPU Kabupaten Banjarnegara dan Ketua Bawaslu Kabupaten Banjarnegara.

Peserta dan Narasumber dalam Kegiatan Sosialisasi Pendidikan Politik Bagi Masyarakat (18/3)

Endro Wibowo Aji yang mewakili dari Bawaslu menyampaikan pentingnya anggota Pramuka dan masyarakat mengetahui dan memahami pentingnya kepengawasan dalam rangkaian pelaksanaan pemilu, “Masyarakat sebagai pemilik kedaulatan tertinggi hendaknya bijak dalam melaksanakan haknya, tidak hanya aktif sebagai pemilih, tapi juga aktif sebagai pengawas dalam rangka menjaga pelaksanaan pemilu dari hal-hal yang dapat mencederai demokrasi, sehingga nantinya dapat tercipta pemilu yang berintegritas, bermartabat dan berkualitas,” ungkapnya.

Lebih lanjut menyampaikan bahwa kegiatan pemilu dalam proses demokrasi, pelaksanaannya harus secara bersama-sama dijaga dengan cara diawasi dengan sebaik-baiknya. “Hakekatnya pengawasan pemilu secara formal menjadi tanggung jawab Bawaslu beserta jajarannya, akan tetapi hendaknya rakyat sebagai pemilik kedaulatan tertinggi ikut berpartisipasi dalam menjaga proses demokrasi ini dengan aktif menjadi pengawas partisipatif,”pungkasnya. (sbw)

Leave a Reply

Your email address will not be published.