Jajaran Pengurus DKR Banjarnegara mengikuti LPK dihari pertama secara Daring. (27/3)

Banjarnegara. Dewan Kerja Ranting yang disingkat DKR merupakan wadah pembinaan dan pengembangan kaderisasi kepemimpinan di tingkat Kwartir Ranting yang bersifat kolektif kolegial bagian integral dari Kwartir Ranting. DKR yang berkedudukan sebagai badan kelengkapan Kwartir RantingĀ  diberi kewenangan dan kepercayaan untuk mengelola Pramuka di Kwartir Rantingnya.

Dalam rangka terus melaksanakan amanah organisasi, Dewan Kerja Ranting Kecamatan Banjarnegara pada hari Sabtu-Ahad (27-28/3) mengadakan kegiatan Latihan Pengembangan Kepemimpinan atau biasa disebut dengan LPK. LPK yang merupakan kegiatan rutin dilaksanakan oleh DKR Banjarnegara dengan tujuan membangun sikap kepemimpinan dalam berorganisasi.

Sebagai sarana untuk mengantisipasi penularan adanya pandemi covid, maka LPK di tahun ini dilaksanakan secara daring dan luring. Daring dilaksanakan dihari pertama sedangkan luring dilaksanakan pada hari keduanya.

Dihari pertama dilaksanakan kegiatan upacara pembukaan dengan Pembina Kak Rowi, dan dilanjutkan dengan materi yang sudah tersusun dalam rundown acara diantaranya Leadership, Administrasi organisasi, Problem Solving dan Penguatan pemahaman Tri Satya Dasa Dharma.

Kak Sujio sedang menyampaikan materi tentang Leadership yang dilaksanakan secara Daring. (27/3)

Secara berututan materi-materi tersampaikan dengan baik dan jelas. Materi pertama disampaikan oleh Kak Sutijo tentang Leadership. Materi kedua disampaikan oleh Kak Rowi tentang administrasi organisasi. Materi ketiga disampaikan oleh Kak Bambang tentang Problem Solving. Sedangkan materi terakhir disampaikan tentang Tri Satya dan Dasa Dharma oleh Kak Nanang Subejo.

Pada hari kedua, yakni Minggu, (28/3) yang dilaksanakan secara luring atau tatap muka diawal dengan apel pembukaan. Paska apel pembukaan dilanjutkan dengan kegiatan jelajah kota, outbound, dan diakhiri dengan forum DKR. Kegiatan yang tetap dijalankan dengan mamatuhi protokol kesehatan ini diikuti oleh jajaran pengurus DKR, dan kegiatan di hari libur diakhiri dengan apel penutupan. (sbw)

Leave a Reply

Your email address will not be published.