Jiwa Peduli, Kebersamaan dan Keteladanan Dalam Kepramukaan

Jiwa Peduli, Keteladanan dan Disiplin Perlu Pembiasaan

Kak Agus Triyono didampingi Kak Nony Sedang memberikan materi di depan peserta Karangpamitran. (8/4)

Banjarnegara. Pembina Pramuka SLB Negeri Banjarnegara pada hari Kamis, (8/4) melaksanakan kegiatan Karangpamitran. Kegiatan yang dipandu langsung dari Pusdiklatcab dan pelatih ini berlangsung selama satu hari yang dilaksanakan secara luring.

Kak Agus Triyono yang menjadi salah satu pelatih dalam kegiatan tersebut menyampaikan pentingnya pramuka bagi setiap individu. “Pendidikan Kepramukaan harus memiliki jiwa Kepedulian, Kebersamaan, Keteladanan, Pengorbanan serta disiplin dalam kehidupan sehari-hari. Kedisiplinan tidak bisa dibentuk secara instan, melainkan perlu pembiasaan yang terus menerus.┬áMelalui kegiatan PBB diharapkan tumbuh jiwa kedisiplinan yang tinggi serta hormat terhadap orang yang lebih tua dan menyayangi orang yang lebih muda,” ungkapnya pada saat memberikan materi PBB.

Sejalan dengan yang disampaikan Kak Agus Triyono, Kak Sugeng Wiyono juga menyampaikan tentang pentingnya Kebersamaan, Kekeluargaan, saling peduli terhadap sesama bisa tercipta melalui kegiatan Kepramukaan, apalagi untuk anak-anak SLB yang memerlukan penanganan khusus dari orang dewasa. “Pada kegiatan kepramukaan akan tercipta kebersamaan, kekeluargaan dan saling peduli. Namun demikian, perlu dan wajib secara bersama-sama diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari seperti: makan bersama, bermain peran, memecahkan suatu masalah. Anak-anak perlu dipersiapkan untuk mandiri,” ungkap Kak Wiyong yang merupakan salah satu penggerak kepramukaan di Banjarnegara yang selalu nampak gembira pada setiap kegiatan kepramukaan. (sbw)

1 thought on “Jiwa Peduli, Kebersamaan dan Keteladanan Dalam Kepramukaan”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *