PEMBUKAAN KARANG PAMITRAN PEMBINA PRAMUKA SLB NEGERI BANJARNEGARA

PEMBUKAAN KARANG PAMITRAN PEMBINA PRAMUKA SLB NEGERI BANJARNEGARA

Pembukaan Karangpamitran Pembina SLB Negeri Banjarnegara. (8/4)

Banjarnegara. Pada hari Kamis, (8/4) SLB Negeri Banjarnegara melaksanakan kegiatan Karangpamitran. Kegiatan yang diperuntukkan bagi pembina pramuka  ini dibimbing langsung dari Pusdiklatcab dan pelatih yang mumpuni dalam bidang pembinaan kepramukaan.

Menurut Kak Atut Yuliarni selaku Kamabigus menyatakan bahwa Pangkalan Gudep SLB Negeri Banjarnegara menyelenggaran Kegiatan Karang Pamitran dengan maksud memberikan kesempatan kepada  Pembina Pramuka SLB untuk menambah ilmu tentang Kepramukaan, yang nantinya akan diimplementasikan kepada peserta didik. “Kegiatan ini bertujuan untuk memfasilitasi pembina SLB untuk menambah wawasan keilmuan tentang pendidikan Kepramukaan, supaya nantinya bisa diimplementasikan pada saat bersama dengan peserta didik,” ungkapnya. Lebih lanjut menyampaikan harapan supaya kegiatan ini dapat memotivasi para Pembina Pramuka di SLB Negeri Banjarnegara untuk mengembangkan potensi dan kemampuannya di bidang kepramukaan, karena diakuinya banyak sekali manfaat yang diperoleh dari kegiatan melalui kepramukaan, diantaranya penanaman nilai-nilai Pendidikan karakter. “Kami akan terus bersinergi dengan gerakan Pramuka di Kwarcab Banjarnegara yang pada gilirannya makin berkualitas dalam melayani anak-anak berkebutuhan khusus menuju peserta didik yang berkarakter dan menjunjung nilai-nilai Pancasila. Terimakasih kepada Kwartir Cabang dan jajarannya yang telah berkesempatan berbagi ilmu khususnya untuk bidang Pusdiklat, semoga Kwarcab Banjarnegara terus maju mendidik anak bangsa,” tegasnya.

Kak Arif Najib Sustiono selaku Ketua Pusdiklatcab Banjarnegara menyampaikan materi paska pembukaan. (8/3)

Kegiatan yang berlangsung satu hari ini diisi oleh pelatih Kwarcab Banjarnegara yang dikomandani Kak Arif Najib Sustiono selaku Pusdiklatcab Banjarnegara. Dalam pemaparannya menyampaikan tentang landasan, fenomenologis, siologis dalam kepramukaan.

Filsafat dan Yuridis tentang Gerakan Pramuka , “sebagai cikal bakal Pendidikan Karakter Bangsa yang melibatkan semua anak bangsa harus terus kita gali berbagai potensi dan jati diri Bangsa Ketimuran, menuju Indonesia yang bermartabat dan sejahtera yang endingnya bisa hidup bahagia dan mati bahagia,” ungkapnya di depan peserta.

Kak Nony yang menjadi salah satu pelatih dalam kegiatan ini menyampaikan tentang kegiatan Pramuka yang secara umum dianggap sebagai suatu kegiatan kurang bermanfaat bagi sebagian orang, “jadi tidak heran jika banyak orang yang tidak peduli bahkan acuh terhadap kegiatan Pramuka. Namun demikian, setelah terjun sendiri ternyata suatu kegiatan yang sangat bermanfaat bagi dirinya sendiri, keluarga, lingkungan, bangsa dan negara,” pungkasnya. (sbw)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *