Kelahiran Sepuluh Pramuka Penggalang Garuda Di SHB Day 2021

Kelahiran Sepuluh Penggalang Pramuka Garuda Pada SHB Day 2021

Salah Satu Prosesi diantara Pelantikan Anggota Pramuka Garuda di SMP Negeri 2 Bawang Banjarnegara (12/4)

Banjarnegara. Bertepatan dengan peringatan Hari Bapak Pramuka Indonesia atau dikenal dengan SHB Day, pada Tahun 2021 Kwarcab Banjarnegara melahirkan kembali 10 anggota Pramuka Penggalang Garuda dari salah satu pangkalan yang tetap aktif di masa pandemi, yaitu Gugus Depan SMP Negeri 2 Bawang.

Menurut Ketua Mabigus Kak Ade Erma Wardani, kelahiran PG ini merupakan ke dua kalinya di sekolah yang dipimpinnya. “Berkas berkat kerja sama, korsa, dan komitmen yang kuat dari para Pembina, kami dapat melahirkan kembali Pramuka Garuda. Ini dalam ranka terus meningkatkan kualitas peserta didiknya. Kelahiran ke tiga, ke empat, dan seterusnya akan tetap kami giatkan.” ungkapnya.
Uji Syarat Pramuka Garuda yang dilaksanakan selama dua hari (9-10 /4) terdiri dari dua Penggalang Putri dan 8 Penggalang Putra. Dari hasil uji syarat tersebut yang terdiri dari Ketua Gugus Depan, Pembina Satuan, Andalan Ranting, orang tua, dan tokoh masyarakat, semua peserta berhasil memenuhi syarat sebagai Pramuka Garuda.

Kak Noor Tamami sedang melantik anggota Pramuka Garuda SMP Negeri 2 Bawang)

Kak Noor Tamami selaku Waka Bidang Bina Muda Kwarcab Banjarnegara, yang hadir melantik pada kesempatan tersebut menegaskan bahwa dalam masa seperti apapun dan menghadapi tantangan seberat apapun, pembinaan karakter generasi muda melalui Gerakan Pramuka pantang berhenti.

Pramuka Garuda adalah figur teladan yang sangat berpengaruh dalam upaya penegakan disiplin dengan reflek menebar kebaikan dalam kehidupan sehari-hari di manapun dia berada. Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia membutuhkan generasi dengan karakter matang seperti ini. Maka Kwarcab Banjarnegara memiliki komitmen kuat dan keras untuk selalu mengawal terbentuknya Pramuka Garuda dengan memprioritaskan mutu Pramuka Garuda di Banjarnegara.

Menurut Kak Eko Priyatno Kurniawan selaku Andalan Bina Muda Kwarcab Banjarnegara menyatakan, “Sedikit tetapi terus menerus jauh lebih utama dibanding banyak tetapi hanya sewaktu-waktu dengan menurunkan derajat keteladanan peserta didik”, ungkap salah satu anggota Pusdiklatcab Banjarnegara ini dengan semangat. (sbw)

Salah satu peserta calon Pramuka Garuda diuji oleh Tim Penguji PG. (11/4)

2 thoughts on “Kelahiran Sepuluh Pramuka Penggalang Garuda Di SHB Day 2021”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *