AKSI PRAMUKA PEDULI BERBAGI TAKJIL

Anggota DKR Susukan membagikan takjil ke salah satu penumpang micro bus. (2/5).

Banjarnegara. Bertepatan pada 2 Mei, bertebaran ucapan diberbagai spanduk, media cetak dan media elektronik dengan kalimat “Serentak Bergerak, Wujudkan Merdeka Belajar”. Merdeka Belajar mempunyai makna bahwa semua unit pendidikan yaitu sekolah, guru-guru dan muridnya memiliki kebebasan dalam berinovasi serta bertindak dalam proses belajar. Kalimat ini senada dengan Kepramukaan dalam proses pendidikan karakter melalui kegiatan bermakna.
Bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional tahun 2021 ini, Dewan Kerja Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega (DKR) Kwartir Ranting Susukan melakukan aksi Peduli dengan mengusung tema “Berbagi 100 Takjil untuk Berbuka Puasa”. Kegiatan yang dipusatkan di pertigaan Susukan (Tobong), pengojek dan pedagang kaki lima menjadi sasaran kegiatan.

Anggota DKR Susukan sedang memberikan Takjil di Pos Ojek. (2/50

Aji Supriono selaku Ketua DKR menuturkan, “Ini merupakan salah satu wujud kepedulian kami sebagai anggota Pramuka untuk belajar berbagi kepada sesama, sesuai slogan merdeka belajar Hari Pendidikan Nasional,” ungkapnya disela-sela kegiatan tersebut.

Lebih lanjut menyampaikan bahwa, aksi kegiatan ini dilaksanakan secara mandiri sebagai bentuk solidaritas anggota DKR Susukan dengan memanfaatkan waktu luang, sehingga takjil dapat terbagikan bagi masyarakat.

Dalam kesempatan yang sama, Kak Sarikin selaku Ketua Kwartir Ranting Susukan menyatakan bahwa kegiatan DKR sebagai perwujudan dari Dasa Dharma, “Aksi Peduli dari adik-adik anggota DKR merupakan perwujudan sikap dan perilaku yang tertuang dalam Dasa Dharma khususnya pada Dharma Ke-2, berbagi kepada sesama saudara kita yang sedang menjalankan ibadah puasa,” pungkasnya. (exo/sbw)

Leave a Reply

Your email address will not be published.