11 HARI, PRAMULI KWARCAB BANJARNGARA IKUTI KARYA BAKTI LEBARAN 2021

Banjarnegara – Sebanyak 60 Pramuka Penegak dan Pandega selama 11 hari melaksanakan kegiatan Aksi Pramuka Peduli Karya Bakti Lebaran Tahun 2021.

Kegiatan yang dilaksanakan mulai akhir bulan ramadhan 1442 H / 2021 (6/5) dengan membuat Pos Pengamanan di sekitar alun-alun dan Terminal induk tipe B Kabupaten Banjarnegara.

Koordinator Posko Pramuka Peduli, Mukhlis mengatakan bahwa, Kwarcab Banjarnegara melalui Pramuli membuat 2 titik pos pengamanan dan 1 titik yang di tingkat Kwarran. Kegiatan ini untuk melatih sikap kepedulian Pramuka terhadap masyarakat.  “Melalui kegiatan ini, kedepan di harapankan bisa mempraktekkan dalam kehidupan sehari-hari,”ungkapnya disela-sela penarikan unsur Pramuli (21/5).

Lebih lanjut menyatakan, kegiatan Aksi Pramuka Peduli Karya Bakti Lebaran 2021 merupakan kegiatan yang mengacu pada surat edaran yang dikeluarkan oleh Kwartir Daerah Jawa Tengah, yang kemudian ditindaklanjuti melalui Abdimas Humas Kwartir Cabang Banjarnegara.

Kegiatan yang di dukung dari berbagai unsur,khususnya dari pemerintah daerah Kabupaten Banjarnegara ini  diikuti 60 Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega, yang berasal dari unsur DKC dan Unit Pramuka Peduli.

Dari informasi yang dihimpun dan sudah diberitakan melalui media sosial Kwarcab Banjarnegara, ada beberapa kegiatan yang dilaksanakan diantaranya Pembagian masker, Pramuka berbagi ratusan takjil, membantu pengamanan lalu lintas, dan  menjadi petugas utama dalam pengaturan shof sholat ‘Iul Fitri 1442 H yang berpusat di alun-alun Banjarnegara.

Ketua Kwartir Cabang Banjarnegara, Kak Aris Sudaryanto dalam acara penarikan personel Karya Bakti Lebaran 2021 menyampaikan apresiasi kepada Pramuka Peduli terhadap aksinya ketika bertugas di lapangan, dengan harapan Pramuli tidak hanya berhenti disitu saja, namun berkembang kedepan dengan berbagai skill dan kemampuan yang akan dilatihkan baik dari bidang penanggulangan bencana, kemanusiaan, dan juga lingkungan hidup.

Menjelang malam takbir ‘Idul Fitri 1442 H, Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono, mengunjungi rekan-rekan Pramuka Peduli di depan SD N 4 Banjarnegara, Beliau menyampaikan apresiasi sebesar besarnya atas pengorbanan waktu dan tenaga kepada rekan rekan yang nantinya akan bertugas, ” Sikap nasionalis harus ditanamkan sejak dini di hati pemuda pemudi calon penerus bangsa, salah satunya melalui Pramuka, mereka diajarkan bagaimana bertindak, bersikap dan berperilaku ” ungkapnya sambil memberikan beberapa bingkisan berupa logistik siap pakai kepada rekan-rekan Pramuka Peduli Banjarnegara.

Kak R. Riono Rahadi Prasetyo selaku Waka Humas Abdimas Kwarcab Kab. Banjarnegara. (21/5)

Waka Humas Abdimas sekaligus Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kab. Banjarnegara R. Riono Rahadi Prasetyo pada saat menutup kegiatan menyampaikan bahwa berakhirnya Karya Bakti Lebaran bukan berarti berakhirnya Pramuka Peduli. “Selanjutnya masih ada kegiatan-kegiatan lain sebagai ajang bakti dan kepedulian para Pramuka sebagai perwujudan warga negara yang cinta tanah air dan bangsanya,”pungkasnya. (muh/sbw)

Leave a Reply

Your email address will not be published.