RENUNGAN DAN ULANG JANJI DI HARI PRAMUKA KE 60
Suasana Renungan dan Ulang Janji di halaman SMP N 5 Banjarnegara. (13/8)
Banjarnegara. Jajaran Pengurus Kwartir Cabang Banjarnegara (Kwarcab Banjarnegara) pada hari Jum’at (13/8) melaksanakan renungan dan ulang janji pada rangkaian Peringatan Hari Pramuka ke-60.
Wakil Mabicab Banjarnegara, Kak Syamsudin mengapresiasi kepada seluruh yang terlibat dalam persiapan sampai terlaksanakanya kegiatan renungan dan ulang janji dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.
“Kami mengapresiasi pelaksanaan renungan dan ulang janji pada Hari Pramuka ke 60 ini dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan. Kita harus benar-benar disiplin protokol kesehatan,” ujar Kak Syamsudin dengan penuh semangat.
Lebih lanjut menyampaikan bahwa para anggota mengulang janji sebagai Pramuka, mengucapkan janji Tri Satya, sebagai perwujudan dari komitmen sebagai anggota Pramuka, yang mengandung komitmen atas kewajiban kepada Tuhan, negara, masyarakat, serta mengamalkan Dasa Darma Pramuka.
Ditambahkan, janji Pramuka diulang setiap tahun, untuk menguatkan komitmen. Harapannya, janji itu bisa diimplementasikan untuk memajukan gerakan pramuka pada setiap tingkatan, baik tingkat gugus depan, kwartir ranting, kwartir cabang, maupun pada tingkat di atasnya.
“Melalui kegiatan ulang janji ini, jadikan semangat dan komitmen untuk mengabdi, berbakti pada gerakan pramuka, serta mengabdi tanpa henti untuk  masyarakat, bangsa dan negara,” ungkapnya.
Kak Aris Sudaryanto selaku Ka Kwarcab Banjarnegara mengingatkan kepada seluruh yang hadir dalam ulang janji tersebut kepada seluruh anggota pramuka senantiasa memberi edukasi dan literasi kepada masyarakat, khususnya pada adaptasi kebiasaan baru, mulai diri sendiri, keluarga, dan masyarakat yang ada di lingkungan masing-masing.
“Mengingatkan kepada setiap anggota pramuka untuk memberikan contoh berperilaku hidup lebih sehat, disiplin, dan bisa peduli lingkungan pada wilayah masing-masing. (sbw)

Leave a Reply

Your email address will not be published.