KEMBANGKAN PRAMUKA, ANGGOTA BINAMUDA KWARCAB BANJARNEGARA KE HUTAN PINUS BUARAN

Ibu Endang Nur P (PPL Kehutanan) sedang menyampaikan potensi hutan untuk kegiatan pengembangan kepramukaan. (7/9)

Banjarnegara. Bidang Pembinaan Anggota Muda Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Banjarnegara hari ini (7/9) melaksanakan kunjungan untuk berdiskusi dalam pengembangan kegiatan kepramukaan di Tempat Wisata Hutan Pinus Buaran, Desa Pekandangan, Kecamatan Banjarmangu.

Kunjungan sebagai tidaklanjut pertemuan sehari sebelumnya (6/9) ini diikutiĀ  perwakilan dari Kwarcab Banjarnegara yang diterima PPL Kehutanan, Pengelola wisata dan tokoh pengelola Perhutani. Pertemuan yang dilakukan dengan suasana santai ini untuk menyamapakan persepsi sekaligus membahas usaha bersama dalam menciptakan kegiatan sahabat alam melalui Pramuka.

Kak Sugeng Wiyono, Andalan Cabang Binamuda, menyampaikan “Pendidikan bernuansa alam akan lebih berwarna dan menarik bila ada peran serta para ahli di bidangnya. Selain bisa menjadi bekal untuk dirinya dimasa yang akan datang, juga bisa menjadi pengetahuan yang bisa disampaikan kepada teman- temannya atau adik-adik kelasnya, sehingga dapat menjadi salah satu cara menarik minat peserta didik”

Kemudian, “Pramuka bisa menjadi agen perubahan dalam meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap lingkungannya, terutama generasi muda dalam menggali kepedulian terhadap alam sekitar,” ungkapnya di depan peserta yang mengikuti kunjungan tersebut.

Adi Setiawan selaku pengelola wisata sangat mendukung dan menyambut hangat jika pemuda melalui kegiatan kepramukaan dapat diarahkan untuk bisa saling menjaga alam, karena kesadaran harus dipupuk sedini mungkin. “Diperlukan peranan dari semua pihak. Selain untuk mengenalkan pariwisata yang ada di Banjarnegara, Pramuka juga memiliki potensi yang cukup besar dalam mengembangkan pariwisata. Dengan jumlah anggota yang banyak, serta kemampuan dalam mengolah teknologi dan informasi yang baik menjadi salah satu peluang untuk mengenalkan pariwisata kepada Masyarakat, khususnya di Banjarnegara,”ungkapnya.

Beberapa hal disepakati antar pihak, dari Gerakan Pramuka siap mengerahkan peserta didik yang dimiliki, baik Siaga, Penggalang, Penegak dan Pandega, dalam rangka meningkatkan kepedulian terhadap alam, karena hal itu sejalan dengan dasa Dharma poin ke 2, yaitu cinta alam dan kasih sayang sesama manusia. Kemudian dari Perhutani juga menyatakan siap untuk melaksanakan bimbingan, penyediaan arena kegiatan dan penyediaan benih tanaman, serta dari PPL Kehutanan siap memfasilitasi bimbingan teknis kegiatan, bagi anggota muda khususnya Gerakan Pramuka. (sri/sbw)

One thought on “KEMBANGKAN PRAMUKA, ANGGOTA BINAMUDA KWARCAB BANJARNEGARA KE HUTAN PINUS BUARAN”

Leave a Reply

Your email address will not be published.