MENUTUP TAHUN, KWARCAB BANJARNEGARA LANTIK PRAMUKA PENEGAK GARUDA

Setelah melalui serangkaian proses uji yang melibatkan pembina, andalan ranting, andalan cabang, orang tua dan tokoh masyarakat, Kwarcab Banjarnegara mantap lantik 16 Pramuka Penegak Garuda pada Kamis (30/12). Jumlah tersebut terdiri dari 4 Putra, 10 Putri berasal dari MAN 2 Banjarnegara dan 1 Putra serta 1 Penegak Putri berasal dari SMAN 1 Banjarnegara.

Aris Sudaryanto Ketua Kwarcab Banjarnegara dalam amanatnya menuturkan, bahwa ia mengaku bangga dengan pencapaian yang telah ditempuh oleh sejumlah Pramuka Penegak tersebut.

“34 tahun lalu saya berdiri di posisi  mereka, sehingga saya merasakan betul bagaimana sulitnya perjuangan untuk mencapai Pramuka Garuda.  Hari ini saya begitu bangga dapat menyaksikan upacara pelantikan ini. Semoga adik-adik kita dapat menjadi teladan dimanapun mereka berada,” tuturnya.

Ditemui disela-sela acara, Kardi yang menghadiri pelantikan putrinya berharap, segala proses yang telah ditempuh hingga ke tingkat Pramuka Garuda dapat menjadi motivasi penyemangat untuk selalu berbuat baik.

“Jujur saja saya merasa terharu, mudah-mudahan ini menjadi dorongan agar anak-anak kami selalu berbuat kebaikan dan menjadi anak yang berguna baik bagi nusa, bangsa, agama dan keluarga,” terangnya.

Sementara itu Ida Setiyani menjelaskan bahwa ia dan teman-temannya menghabiskan waktu satu tahun untuk dapat menempuh dan menyelesaikan persyaratan Pramuka Garuda.

“Kami sebetulnya menghabiskan waktu cukup lama ya untuk bisa menyelesaikan seluruh persyaratan yang diminta, padahal mustinya paling cepat kami dapat menyelesaikan ini dalam waktu 3 bulan,” jelasnya.

Adapun persyaratan yang dimaksud tertera dalam  Keputusan Kwartir Nasional Nomor 038 Tahun 2017 tentang Petunjuk Penyelenggaraan Pramuka Garuda. **Rakhmat Nur Ilmi /CJ1104-0003

Leave a Reply

Your email address will not be published.